in

Kenalkan Costive, Unit Emo Malang dengan Debut Melodi yang Pilu

Costive (dok: hip)

Unit emo Malang, Costive dengan bangga mengumumkan peluncuran debut single-nya, “Cold and Callous”. Single penuh kepedihan dan penyesalan ini akan hadir di semua layanan pemutar musik digital mulai 2 Februari 2024.

Single ini merepresentasikan konten mini album yang akan datang karena berbagi nama dengannya yaitu The Cold and Callous EP. Mini album ini akan menjadi narasi besar untuk mewakili cerita dan perasaan masing-masing personel Costive. 

Narasi besar tersebut diawali oleh “Cold and Callous” yang menceritakan tentang perpisahan dan luka teramat sangat, atas kekecewaan yang mendalam akibat dikhianati oleh seseorang. Single ini terinspirasi pengalaman pribadi Aldy, sang vokalis sendiri.

“Jadi, lagu ini menggambarkan tentang kekecewaan atas sebuah pengkhianatan dalam sebuah pertemanan, dan hilangnya sebuah kepercayaan karena adanya kesalahan yang mendalam, hingga perpisahan menjadi sebuah jawaban, dan waktu menjadi hukum alam untuk mengetahui realita yang terjadi hingga menyisakan rasa dingin dan perih,” jelas Aldy.

Costive terdiri dari 5 personel yaitu Aldy (Vocal), Poteh (Lead Guitar), Marcellino (Rhythm Guitar), Emmas (Bass), dan Ivan (Drum). Dipengaruhi oleh band-band, seperti Anxious, Title Fight, dan Stand Still, kuintet ini mengawali perjalanan berkaryanya pada Juni 2023.

Bulan lahir Costive itu pula bertepatan dengan debut penampilan mereka di gig tur band midwest emo Malaysia, Playburst di Malang. Costive dicetuskan oleh Aldy yang kemudian mengajak Marcelino dan menyusul kemudian, Nadzif dan RB Emmas bergabung. 

Sepanjang tahun 2023, Costive berjalan tanpa sosok drummer. Namun, tak menghalangi mereka untuk menyiapkan beberapa materi lagu yang rencananya akan dikemas dalam bentuk EP. Di awal tahun 2024, formasi mereka diperkuat oleh Ivan pada drum.

Debut single “Cold and Callous” ditulis oleh Aldy dan Marcellino serta diproduseri Marcellino sendiri di H4ze studio miliknya. Untuk mixing & mastering dilakukan oleh Yudhistiro Lilo P. di W8 Project Studio. Diproduksi sejak 9 September 2023 sampai 25 Desember 2023.

5 Personel Maria Tambun naik bajaj, penuh (dok: Hip)

5 Mahasiswa IKJ Hadirkan Warna Baru di Blantika Per-Indie-an

Emes April a.k.a Poetrow (dok: hip)

Onotan EP: Autobiografi Hip-Hop Penuh Resah Amarah dari Poetrow