in ,

Jenis Burung Merpati dan Fakta Uniknya

Hipkultur.com – Burung dara atau merpati termasuk dalam keluarga Columbidae. Burung merpati sendiri sudah menyebar luas di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Berbagai macam jenis burung merpati banyak terdapat di Indonesia.

Dengan jenis – jenis yang berbeda tersebutlah membuat burung merpati semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Di Indonesia sendiri terutama di Pulau Jawa. Burung merpati tersebut banyak digunakan sebagai burung adu balap dan aduan, karena postur tubuh dari burung merpati sendiri ramping, tentu membuat burung ini dapat bergerak dengan lincah dan gesit.

Burung merpati sendiri sering dipakai sebagai simbol atau lambang perdanaian oleh manusia dan digambarkan sedang memegang daun zaitin, menurut beberapa catatan terdahulu, burung merpati sendiri sering digunakan untuk mengantar surat dengan mengikatkan surat tersebut pada kaki burung merpati.

Seiring berjalannya waktu, burung merpati sendiri sudah jarang atau bahkan sudah hampir tidak ada yang memakainya untuk mengirim surat, namun pada era sekarang burung merpati sering di ikutkan sebuah kontes karena keunikannya,

Seperti ada yang memiliki sayap bak gaun, memiliki leher yang mengelembung, memiliki bulu yang dapat tumbuh hingga kaki dan berbagai jenis bentuk dan warna saling berpadu, berikut adalah beberapa jenis burung dara yang cantik dan memanjakan mata :

1. Burung Merpati Kipas

agrozi.id 

Fantail atau yang sering disebut dengan merpati kipas, merpati ini berasal dari India dan Tiongkok, merpati jenis ini merupakan salah satu jenis merpati yang sangat populer karena keunikan pada ekornya yang berbentuk seperti kipas yang terdiri dari 30 hingga 40 bulu.

2. Burung Merpati  Gondok

shopee.co.id 

Nama merpati gondok sendiri di ambil karena burung merpati ini mempunyai bulatan besar yang terdapat pada lehernya yang menggelembung menyerupai gondok.

Burung merpati gondok sendiri juga bisa berduri tegap hingga membentuk sudut 60 derajat. Serta memiliki kaki yang panjang, sehingga dengan kaki yang panjang tersebut dapat menambah kesan kecantikan pada jenis merpati ini.

3. Burung Merpati Jacobin

satujam.com 

Nama Merpati Jacobin sendiri di ambil karena bentuk bulu-bulu yang mengitar di kepalanya menggambarkan topi yang dipakai pendeta pendeta Jacobin.

Merpati Jacobin sendiri berasal dari India dan merpati ini sudah di kembangkan selama bertahun tahun dari pembiakan selektif yang berasal dari Asia.

4. Burung Merpati Victoria Crowned

thesprucepets.com 

Mambruk Victoria atau dalam nama ilmiahnya Goura victoria adalah sejenis burung yang terdapat di dalam suku burung Columbidae. Mambruk Victoria adalah salah satu dari tiga burung dara mahkota dan merupakan spesies terbesar di antara jenis-jenis burung merpati.

Burung Mambruk Victoria sendiri berukuran besar, dengan panjang hingga mencapai 74 cm, dan memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, jambul seperti kipas dengan ujung putih, dada merah marun keunguan, paruh abu-abu, kaki merah kusam, dan garis tebal berwarna abu-abu di sayap dan ujung ekornya.

Di sekitar mata terdapat topeng hitam dengan iris mata berwarna merah dan jenis merpati ini memiliki kesamaan ciri-ciri pada jantan dan betinanya.

Untuk populasi Mambruk Victoria sendiri tersebar di hutan dataran rendah, hutan sagu dan hutan rawa di bagian utara pulau Irian, yang juga termasuk pulau Yapen, pulau Biak, dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

5. Burung Merpati Frillback

istore.oomph.co.id 

Merpati Frillback merupakan merpati kuno yang sebenarnya sudah dikembangkan bertahun tahun dengan pembiakan selektif. Merpati Frillback sendiri terkenal dengan bulunya yang aneh. Bulu keriting menutupi seluruh sayap, ujung ekor dan punggung kakinya.

Itu tadi merupakan beberapa contoh jenis merpati yang keunikannya membuatnya menjadi sebuah daya tarik yang sangat berharga dan special. Kira-kira kalian ingin memelihara yang mana nih ?.(int1)

Fakta Unik Tentang Lee Haechan NCT

Inilah Pantai Bak Surga yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika Berlibur