in

Nama Kota di Dunia yang Paling Banyak Disebut dalam Lirik Lagu

Gambar Kota New York. (Pexels/Airam Datoon)
Gambar Kota New York. (Pexels/Airam Datoon)

Disclaimer: ini bukan lagi main ABC lima dasar. Ceritanya, saya lagi mendengarkan random playlist di sore hari. Terus secara random juga kepikiran, “banyak juga ya lirik lagu yang mention ­nama-nama kota”.

Tapi yang membikin penasaran, kota-kota mana aja ya yang paling banyak disebut di lagu, terutama lagu-lagu barat?

Rasa penasaran tersebut sebetulnya nggak ada esensinya. Ya penasaran aja.

Kalau dipikir-pikir, musik kan memang bisa me-recall kenangan, peristiwa, dan banyak momen dalam hidup manusia. Jadi memasukkan nama kota dalam lirik lagu mungkin bisa memperkuat fungsi itu.

Atau, alasannya murni karena memang lagu tersebut menceritakan suasana dan kegiatan di kota tertentu.

Lagunya Frank Sinatra – (Theme From) New York, New York contohnya. Dari judulnya saja sudah jelas Frank bikin lagu tentang New York. Diperkuat lagi di liriknya:

“..I wanna wake up in that city, that doesn’t sleep
And find your king of the hill, top of the heap
..”

Intinya, Frank menceritakan sekilas tentang gemerlap New York yang 24/7 nggak pernah stop lah.

Alasan lain, kota yang disebutkan jadi simbolisasi budaya dan pesan yang disampaikan dalam lirik lagu. Ini sebenarnya adalah ilmu cocokologi saya saja. Semoga kamu setuju.

Oh iya, Dr. Jon Stewart, Music Business Course Leader di British Institute of Modern Music (BIMM) Institute Brighton, juga pernah ngomong, yang dalam Bahasa Indonesia terjemahannya begini: “Musik itu tidak terhindarkan dari ikatan sebuah lokasi. Siapa yang bisa membayangkan The Beach Boys tanpa California? Tanpa titik-titik geografis yang ditemukan dalam Britpop, hal itu tidak akan masuk akal. Dan bagaimana genre blues, country, dan rock and roll akan diterima jika mereka dipisahkan dari semua keterkaitan dengan geografi dan politik Amerika Selatan yang menginspirasi mereka?”

Setelah melakukan riset singkat (yang bahasa gampangnya Googling), ternyata ada orang-orang di luar sana yang repot-repot melakukan penelitian tentang data kota di dunia yang disebutkan dalam lirik lagu.

Data tersebut dijabarkan dalam sebuah peta musik interaktif di situs Celebrity Cruises. Kamu tinggal cari aja nama satu kota, nanti muncul lagu-lagu yang mengandung namanya di liriknya.

Situs tersebut katanya hasil analisis lirik lebih dari 200.000 lagu yang masuk dalam 40 besar tangga lagu US Billboard Hot 100 dan UK Official Singles mulai tahun 1960, untuk menemukan penyebutan kota, desa, lingkungan, dan negara bagian.

Hasil finalnya, ada lebih dari 2.000 lagu dari 897 artis yang menyebutkan 422 tempat yang berbeda di seluruh dunia. Tapi dilihat-lihat, Indonesia belum ada sih. Padahal ada lagu yang lagi terkenal Niki – High School in Jakarta, ya.

Di situs tersebut, 5 kota teratas yang paling banyak disebut di lirik lagu adalah New York, London, Los Angeles, California, dan Hollywood.

Ada 161 lagu yang menyebutkan kata New York. Alasannya kenapa? Kapan-kapan kalau lagi mood, saya ulas di tulisan beda lagi deh.

Sekarang saya bantu beri list kota-kota yang paling banyak disebutkan di lirik lagu, biar kamu nggak kesusahan search satu-satu:

  1. New York (161 lagu)
  2. London (102 lagu)
  3. Los Angeles (87 lagu)
  4. California (68 lagu)
  5. Hollywood (66 lagu)
  6. Paris (52 lagu)
  7. Miami (46 lagu)
  8. New Orleans (43 lagu)
  9. Brooklyn (38 lagu)
  10. Rome (30 lagu)
  11. Texas (30 lagu)
  12. San Francisco (29 lagu)
  13. Memphis (28 lagu)
  14. Georgia (28 lagu)
  15. Harlem (26 lagu)
  16. Tennessee (24 lagu)
  17. Chicago (23 lagu)
  18. Atlanta (23 lagu)
  19. Detroit (21 lagu)
  20. Compton (21 lagu)

Nama-nama kota tersebut kebetulan sering seliweran di lirik lagu yang saya dengar. Detilnya lagu apa aja? cari sendiri saja.