in

Jalan-jalan ke Kota Tempat Syuting One Piece Live Action, Cakep!

One Piece Live Action post-credit scene.

Lagi jadi tontonan hits warga Indo dan dunia nih, One Piece Live Action.

Serial 8 episode itu tayang di Netflix mulai 31 Agustus 2023 kemarin. Fyi buat yang belum sempat nonton, sekarang sudah sampai final episode. Jadi kamu bisa nonton marathon, nggak perlu nunggu-nunggu tiap minggu.

One Piece Live Action diperani bintang-bintang muda dari banyak negara. Ada Inakai Godoy kelahiran mexico (Luffy), Mackenyu Arata kelahiran Amerika berdarah Japan (Roronoa Zoro), Taz Skylar kelahiran Inggris keturunan Arab (Sanji), Emily Rudd kelahiran Swedia (Nami), Jacob Romero Gobson kelahiran Afika (Usop), Peter Gadiot dari UK (Shanks), Jeff Ward warga Amerika (Buggy), Morgan Davies pemuda Australia (Koby), dan banyak lagi (cameo-cameonya).

Fun fact: naskah One Piece Live Action ini digarap oleh para penulis, sutradara, dan produser kenamaan pas zaman pandemi Covid-19. Jadi mereka diskusinya via zoom.

Tapi sekarang Hip bukan mau bahas serialnya sih. Karena lagi lumayan booming, mungkin kamu penasaran dimana tempat-tempat syuting One Piece Live Action ini, Hip dengan baik hatinya akan memberi tahu.

Kali aja kamu ingin liburan sambil napak tilas perjalanan Luffy di dunia nyata..

1. Cape Town, Afrika Selatan

CAPE TOWN-Shutterstock
CAPE TOWN-Shutterstock

Sebagian besar tempat syuting serial One Piece dilaksanakan di Cape Town Film Studios, Cape Town, Afrika Selatan, yang punya ruang cukup untuk kapal bajak laut.

Kata sutradara episode satu duanya, Marc Jobst, banyak juga adegan dalam air yang diambil di Cape Town Film Studios.

Terus banyak adegan luar ruangan yang syutingnya di jalanan Cape Town. Misalnya pas Luffy bertarung lawan Buggy, diambil di Distrik Bo-Kaap. Salah satu tempat bersejarah dan warna-warni.

Kru lokal juga nge-set beberapa latar tempat buatan di kota ini. Seperti Baratie (restoran terapung tempat kerja Sanji), kapal Going Merry, hingga Desa Foosha atau Desa Kincir Angin.

Cape Town dikenal jadi salah satu kota pelabuhan tertua di Afrika Selatan. Berbatasan langsung sama Samudera Atlantik.

Nggak cuma serial One Piece sih. Banyak juga film yang pernah syuting di Cape Town. Seperti film Mad Max Fury Road, Blood Diamond, Escape Room, Tomb Raider, Lord of War, dan Doomsday.

Kalau ke sana, kamu bakal disuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik. Ada pantai-pantai juga. Yang anak gunung bisa Mendaki Table Mountain yang masuk 7 keajaiban dunia.

Pecinta satwa liar bisa datang melihat koloni penguin Afrika di Pantai Boulders di sepanjang Semenanjung Cape atau pergi ke Two Oceans Aquarium di V&A Waterfront.

2. Quintana Roo, Meksiko

Quintana Roo/istockphoto
Quintana Roo/istockphoto

Tempat syuting One Piece lainnya adalah resor bernama Xcaret di Quintana Roo, Meksiko. 

Tempat ini jadi latar adegan Luffy dan teman-temannya menghadapi Arlong, pemimpin sekelompok bajak laut akuatik yang meneror penduduk setempat.

Resor yang didirikan oleh seorang arsitek bernama Miguel Quintana ini posisinya di antara Laut Karibia dan dikelilingi hutan.

Hotel ini milik dari Grup Xcaret, penyedia jasa tur dan tamasya terkenal di Cancun dan Riviera Maya.

Ada banyak film yang juga pakai lokasi ini untuk syuting. Seperti License to Kill, The Amazing Race, The Holy Mountain, Grindhouse, dan Planet Terror.

3. Oaxaca de Juárez, Meksiko

Oaxaca de Juárez-Getyourguide
Oaxaca de Juárez-Getyourguide

Oaxaca de Juárez, wilayah bagian Kota Oaxaca ini terletak di Meksiko selatan dan terkenal akan kekayaan arkeologi dan alamnya. Suasana di sana super estetik.

Oaxaca de Juárez digambarkan jadi Pulau Drum yang menjadi tempat Luffy bertemu Tony Tony Chopper, makhluk yang memakan buah iblis.

Kota ini jadi tempat yang pas buatmu eksplor budaya, alam, dan petualangan. Uniknya, iklim di sini serasa musim semi terus. Karena posisinya di lembah subur Pegunungan Sierra Madre Sur.

Kamu bisa keliling kota sambil menikmati arsitektur yang oke, mampir ke museum, pasar, restoran, juga ke desa-desa yang masih melestarikan tradisi kerajinan tangan, pakaian, bahasa, budaya, dan gaya hidup berusia ratusan tahun.

4. Kepulauan Canary, Spanyol

CANARY ISLAND - Kimkim
CANARY ISLAND – Kimkim

Kepulauan Canary di Spanyol jadi lokasi yang dijelajahi Luffy dan krunya, terutama Pulau Tenerife. Di pulau tersebut, Lufft bertemu dengan Chouchou.

Ada juga adegan Kapal Going Merry berlabuh di Pantai Fuerteventura dan Pelabuhan Las Palmas, Gran Canaria.

Kepulauan Canary ini punya tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika. 

Panorama laut lepas cocok buat set lokasi film yang berhubungan sama laut-laut. 

Fast & Furious 6, Moby Dick, The Dictator, Jason Bourne, The Eternals, dan The Titan juga kabarnya syuting di pulau ini.

5. Seville, Spanyol

SEVILLE/Brittanica
SEVILLE/Brittanica

Seville, ibu kota wilayah Andalusia, dikenal sebagai salah satu kota tercantik di Spanyol.

Seville digambarkan jadi Pulau Arabasta, tempat kru Luffy datang membantu Nefertari Vivi untuk menyelamatkan kerajaannya dari Sir Crocodile.

Bangunan Katedral Seville, Royal Alcazar, dan La Giralda di kota ini juga masuk dalam footage serial One Piece Live Action.

Kalau ke Seville, kamu wajib mampir ke Plaza de España, tiket masuknya gratis kok. Plaza de España ini bangunan setengah lingkaran dari bata, bergaya Renaisans/neomoorish. Tempat ini jadi salah satu landmark paling ikonik di Seville.

Kamu juga bisa mengayuh perahu di sekitar bangunan itu, atau naik kereta kuda ala-ala bangsawan.

Pocong Mumun.

Hantu-hantu Terseram di Indonesia, Pocong Ranking 1

5 Tempat Wisata Ini Bikin Ngeri. Berani Kesana?