in

BARU! Malang Punya Unit Surf Rock, Namanya The Waving’s

The Waving's

Pesona geografis yang dimiliki Kota Malang menginspirasi lahirnya musisi baru untuk berkarya. Kalau konon katanya wilayah pegunungan identik dengan musik folk, kini kancah musika Malang kian berwarna dengan lahirnya The Waving’s yang mengusung eksperimental surf rock.

The Waving’s adalah Akmal Ibrahim (vokal/gitar), Ajie Restu Putra Maulana (drum), Ammar Wiradsongko (bass), dan Ibraryan “Bolin” Fadhil Colin (gitar).

Musik mereka amat basah. Sebasah destinasi wisata Malang Selatan yang pesisir dan punya banyak pantai. Sebagai grup yang baru terbentuk April 2021 lalu, The Waving’s membawakan surf rock yang dicampur elemen-elemen rockabilly dan punk. Tidak heran kalau ada unsur ‘dark’ pada musiknya.

Selama dua dua tahun lebih, mereka mencari ilham untuk meluncurkan rilisan. Akhirnya pada awal Desember 2023 ini, The Waving’s merilis single debut mereka yang berjudul Bad Man.

Bad Man dari The Waving’s

Single yang direkam di H4ze Studio ini menyuarakan ajakan bagi para pendengar untuk peduli terhadap isu sosial. Secara khusus, Bad Man juga berisi pesan tentang pentingnya perlindungan terhadap hak-hak para pekerja.

Lewat lagu yang diproses oleh The Waving’s bersama Marcellino Gibrani Santoso ini. The Waving’s berniat untuk berpartisipasi dalam memperjuangkan keamanan dan kehormatan para pekerja. Berkaca dari pengalaman para personel yang bersinggungan dengan isu yang sama.

Artwork single Bad Man dari The Waving's
Artwork single Bad Man dari The Waving’s

“Saya memilih isu hak-hak pekerja karena saya telah mengalami sendiri, tindakan yang tidak adil dari atasan saya di tempat kerja,” ujar Bolin

“Dalam pembuatan single ini, saya merasa penting untuk menyuarakan isu ini melalui musik sebagai cara untuk mengungkapkan perasaan dan pengalaman saya,” tambah Akmal

Dengan pendekatan horror ala Black Lips dan Jurassic Shark, The Waving’s memproduksi sebuah lagu surf rock bernuansa mencekam, tetapi bersemangat dan dibalut lirik yang tajam. Mereka juga membangun aransemen progresif yang kompleks dan eksperimental.

“Dalam ‘Bad Man,’ kita mencoba menciptakan atmosfer yang mencekam dengan suara surf yang progresif. Struktur musiknya cukup kompleks, dan saya senang dengan bagaimana kita berhasil menggabungkan elemen-elemen teknis dalam lagu ini,” ujar Akmal

“Penggunaan nuansa mencekam dapat memperlihatkan kondisi pekerja yang seringkali sangat sulit dan mengerikan akibat perlakuan semena-mena oleh elit bisnis,” tambah Ammar

Kalian bisa menyimak single Bad Man pada panel pemutar musik yang tersedia di website hipKultur. Sebagai gerbang untuk menyelami aneka ria kegelapan The Waving’s yang akan segera merilis EP tidak lama lagi.

Info The Waving’s
085232073509
truzzakmal@gmail.com
@thewavings (instagram)

Personel Reality Club lagi duduk-duduk di ruangan bernuansa pink (foto: blibli)

Yuk! Nonton Reality Club di PsychoAnniv 2023 Jumat (8/12) Besok

malam tahun baru

5 Makanan Khas Malam Tahun Baru Ini Sebetulnya Nggak Sehat