in

Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Wajib untuk Dikunjungi

Hipkultur-a.com – Kota Yogyakarta merupakan sebuah ibukota daerah istimewa sekaligus sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kota Yogyakarta selain sebagai tempat wisata yang masih mempertahankan konsep tradisional dan budaya jawanya yang masih kental, kota ini juga memiliki beberapa wisata kuliner yang wajib kalian kunjungi. Berikut wisata kuliner di Yogyakarta :

1. Gudeg Mbah Lindu

rasa gudeg bu lindu (TripAdvisor)

Gudeg Mbah Lindu adalah salah satu gudeg yang sangat terkenal di Yogakarta. Gudeg Mbah Lindu ini berada di Jalan sosrowijayan, Sosromenduran, Gendong tengen dan berjarak kira-kira 300 meter dari Jalan Malioboro.

Gudeg mbah lindu sendiri buka dari pukul 04:00 hingga pulul 11:00, dengan uang 15 ribu kalian sudah bisa menikmati gudeg legendaris ini.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man Tribunnews.com

Wisata kuliner di Yogyakarta yang kedua adalah Angkringan Lik Man. Angkringan ini merupakan salah satu angkringan legendari di Kota Yogyakarta, berada di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduren, Gedong Tengen.

Angkringan Lik Man sendiri di juliki sebagai angkringan legendaris karena pedagangnya adalah generasi awal pedagang angkringan di Yogyakarta yang umumnya berasal dari Klaten.

Angkringan ini mulai buka pada pukul 18:00 WIB setiap harinya, disini terdapat berbagai macam minuman yang ditawarkan, dari minuman panas maupun dingin. Pilihan minuman favorit adalah Kopi Joss.

Kopi Joss merupakan kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Tak usah khawatir itu hanya mitos, sebab Kopi Joss lahir dari penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man.

Selain itu, angkringan ini juga menyediakan makanan ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan dan jadah (makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih) bakar.

3. Wedang Ronde Mbah Payem

Wedang Ronde Mbah Payem jogjakita.co.id

Salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba jika berkunjung ke Yogyakarta ialah edang ronde, wedang ronde sendiri adalah salah satu minuman khas dari Jawa Tengah di  Yogyakarta terdapat banyak sekali pedagang wedang ronde, namun salah satu wedang ronde yang sangat terkenal di Kota Yogyakarta adalah Wedang Ronde Mbah Payem.

Wedang ronde Mbah Payem merupakan wedang ronde legendari di Kota Yogyakarta karena Mbah Payem sendiri berjualan sejak tahun 1965, Mbah payem sendiri berjualan di Jalan Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan di Alun-Alun Utara.

4. Soto Bathok Mbah Katro

(YogYes.com / Jaya Tri Hartono)

Soto Bathok Mbah Karto merupakan salah satu kuliner yang wajib juga untuk dicoba, karena warung makan ini menyijikan soto menggunakan mangkok yang terbuat dari batok kelapa,

Walaupun penyajian soto menggunakan batok kelapa , namun kuah dari soto sendiri tetap aman dan tidak akan tumpah.Selain itu soto di Jogja ini terlihat segar dan mirip seperti sup dan tak berlemak. Ketika mencicipi kuah soto memunculkan rasa ringan nan segar berpadu antara kuah bening dan tauge.

Soto Bathok Mbah Katro ini berada di Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. Warung ini sendiri buka pada pukul 06:00 hingga pukul 16:00.

5. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Oseng Mercon Bu Narti juga merupakan salah satu kuliner di Yogyakarta, kuliner ini sendiri merupakan pelopor masakan super pedas berbahan daging sapi di Yogyakarta.

Oseng mercon Bu Narti ini berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan, depan gulai kepala ikan Bank JO, dan mulai buka pada pukul 18:00 hingga pukul 22:00 WIB. Dengan 15.000 saja kalian sudah dapat menikmati oseng mercon yang pedas dan nikmat ini.

Itu tadi beberapa kuliner di Yogyakarta yang wajib untuk kalian coba jika sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Fakta Unik Suku Bajo yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Olahraga untuk Pola Hidup Sehat