in

Ini Jajaran Trek Downhill yang Terkenal di Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu daerah yang memiliki banyak dataran tinggi, hal ini menjadikan surga bagi pecinta olahraga ekstrem, khususnya downhill.

Olahraga downhill sendiri adalah olahraga yang menggunakan sepeda gunung dengan menuruni trek pegunungan yang curam dan terjal.

Untuk penggiat hobi ini dapat memanfaatkan sejumlah bike park (trek downhill) di beberapa kota Jawa Timur. Tentu saja, tiap bike park memiliki jalur yang khas serta level kesulitan masing-masing.

Berikut daftar bike park yang bisa kamu coba untuk mengasah kemampuanmu;

1. Tutur Welang (TW) Bike Park

Bike park yang berada di Kota Pasuruan ini mungkin sudah akrab di kalangan pecinta sepeda gunung. Karena jalur ini bisa disebut sebagai jalur sejuta umat. Itu karena medannya cukup bersahabat untuk para pemula.

Dengan jalur yang didominasi turunan landai membuat para pemula tidak perlu terlalu khawatir akan risiko terjatuh.

Di dalam trek juga terdapat beberapa titik jumping-an dan tikungan tajam yang bisa melatih ketangkasan.Trek ini cukup panjang, sehingga memungkinkan bikers bisa bersenang-senang lebih lama.

Dengan lingkungan dikelilingi hutan pinus dan rerumputan yang lebat, membuat siapa pun yang melewati trek ini juga akan mendapatkan sensasi kesejukan dan kesegaran.

Terdapat pula sebuah tanjakan lontar yang tinggi di Rumah Getah. Spot inilah yang sering digunakan sebagai lokasi mengambil video. Tabel top yang besar membuat siapa yang melewatinya dengan kecepatan dan ketepatan teknik dapat melompat tinggi sambil terlihat keren.

2. Umbaran Bike Park

Berbeda dengan TW yang ramah untuk pemula, trek Umbaran ini memiliki medan yang termasuk ekstrem. Jadi tidak direkomendasikan untuk para pemula yang baru terjun di dunia downhill.

Berlokasi di Kabupaten Malang, trek ini memiliki turunan yang curam, belokan tajam, dan bebatuan terjal, serta titik jumping yang ekstrem. Bahkan jarak antar tanjakan lontar cukup jauh dengan titik pendaratannya. Bisa terbayang, bukan?

Saking ekstremnya, trek ini sempat beberapa kali menjadi lokasi ajang perlombaan downhill bergengsi. Jadi, kamu disarankan menggunakan sepeda sesuai spesifikasi downhill, demi keamanan dan keselamatan.

3. Klemuk Bike Park

Seperti TW, trek ini termasuk cukup ramah untuk pemula. Pasalnya, trek didominasi dengan oleh jalur-jalur tanah, disertai turunan dan tikungan yang cukup menantang.

Berlokasi di Kota Batu, trek ini memiliki akses masuk yang dekat dengan jalan raya. Dulunya sering digunakan sebagai lokasi ajang lomba berkelas, meski sudah lama tidak.

Itulah beberapa track yang terkenal berada di Jawa Timur.

Jika kamu berencana menjajalnya. Jangan lupa memilih tunggangan yang memang memiliki spesifikasi khusus jalur downhill. Gunakan juga perangkat pelindung diri, seperti helm, sarung tangan, sepatu, pelindung lutut, siku, serta pelindung dada.

Setiap track memiliki tipe yang berbeda, makin ekstrem tipenya, semakin besar pula risiko yang dihadapi. 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Ilustrasi: menonton konser

Musik Bisa Jadi Obat Tidur, Pengaruhi Diet, Nggak Percaya?

Ilustrasi: balita naik gunung

Balita Naik Gunung, Sebenarnya Boleh atau Tidak?