in

Ram DDR4 dan DDR5 Mana Yang Lebih Baik, Ini Perbedaanya!

Hipkultur-Sudah 7 tahun DDR4 menjadi Standard RAM untuk PC. Namun, generasi RAM selanjutnya yaitu DDR5 sudah tiba. DDR5 ini tidak hanya kecepatannya saja yang lebih kenceng, tapi ada beberapa fitur baru agar performa RAM lebih baik.

Untuk kemunculannya, saat ini DDR5 mempunyai kecepatan dari 4800MHz hingga 5200MHz dengan timing 34-35-35-69 di Voltase 1.10-1.25 Volt. RAM ini juga punya kapasitas besar dimulai dari 16 GB per stick hingga 32GB per stick. Kedepannya DDR5 akan mempunyai kapasitas yang lebih besar, timing yang lebih cepat dan juga kecepatan lebih ngebut.

Jadi apa perbedaan dari kedua ram tersebut simak penjelasannya.

Perbedaan DDR4 dengan DDR5

Slot Berbeda

DDR5 dan DDR4 sama-sama mempunyai 288 Pin. Bedanya adalah bolongannya yang dipindahkan. Kenapa kok dipindahkan? Karena memang spesifikasi DDR4 dan DDR5 itu berbeda, jadi biar orang ngga Masukin slot DDR5 untuk DDR4 dan sebaliknya.

Kapasitas Lebih Besar

Maksimum 1 stick untuk DDR4 adalah 32GB, dan total kapasitas untuk DDR4 di Motherboard konsumen adalah 128 GB, sedangkan untuk DDR5, satu stick maksimumnya adalah 128 GB. Berarti maksimal kapasitas RAM adalah 512 GB atau setengah Terabyte.

KapasitasDDR4DDR5
1 Stick Maksimal32 GB128 GB
Maksimal Total128 GB512 GB

Kecepatan Lebih Tinggi

Untuk DDR4, minimumnya adalah 2133MHz, dan bisa di-boost hingga 5000Mhz. Nah, untuk DDR5, minimum kecepatannya adalah 4800Mhz. Belum diketahui batas maksimum dari DDR5, tapi pasti akan 2x dari kecepatan frekuensi minimum, sekitar 8000Mhz.

DDR31066 Mhz
DDR42133 Mhz
DDR54800Mhz

Struktur Yang Beda

DDR5 menggunakan struktur 32 Bank. Bank ini adalah unit penyimpanan yang diaktifkan dan dinonaktifkan. Total grupnya sekitar 8 Bank, beda dengan DDR4 yang

ada ditingkatkan jadi 16 dimana DDR4 hanya bisa 8. 

hanya punya 16 Bank dari 4 Grup. Panjang burst atau jumlah data yang dapat

Tegangan beda dari 16 Grup. Panjang atau jumlah data yang dapat diakses sekali baca ditingkatkan jadi 16 dimana DDR4 hanya bisa 8.

Tegangan Beda dan Ada Tambahan Chip Base Management

DDR5 mempunyai Voltase yang lebih rendah dibanding DDR4 dengan 1.10 Volt saja sedangkan DDR4 membutuhkan 1.20 Volt. Lebih rendah Voltase berarti lebih irit listrik.

Dan power management nya sekarang tidak lagi diletakkan di Motherboard, tapi langsung di RAM. Jadi dengan ini diharapkan pembagian daya lebih merata dan lebih cepat sehingga mempercepat performa RAM dan juga memudahkan RAM untuk menurunkan dan menaikkan kecepatan. Hal ini membuka kemungkinan RAM akan mempunyai BOOST SPEED layaknya CPU dan GPU

Terdapat ECC (Error Correction Code)

ECC adalah fitur dimana RAM bisa mengoreksi kesalahan pada saat komputer memproses data. Fitur ini hanya tersedia di RAM Server/Workstation dan tergolong mahal. Untuk DDR4 yang hanya diperuntukan untuk konsumen rumahan, ECC tidak digunakan.

Nah, sekarang DDR5 sudah mempunyai ON-Die ECC dimana fitur ini sudah dibangun di masing-masing chip. Biasanya ECC ini dibangun menggunakan chip sendiri. Jadi yang tadinya 8 chip jadi 9. Nah, DDR5 masing-masing chip sudah ada ECC, jadi tidak perlu tambahan.

Pendingin Lebih Baik

Kita telah mengetahui kalau RAM itu bisa panas banget, apalagi kalau kecepatannya tinggi. Selain itu DDR5 mempunyai chip tambahan sebagai management power yang dinamakan PMIC. Nah, chip ini pasti akan panas juga dong, apalagi jika RAM ini nantinya di overclocking. Maka kemungkinan besar RAM DDR5 akan mempunyai cooling yang lebih baik dan besar.

Itu dia beberapa perbedaan dari RAM DDR5 dengan DDR4. Awal-awal sih pasti DDR5 akan jauh lebih mahal dibandingkan DDR4. Harganya bisa 2x lipat, tapi lama-kelamaan orang akan menggunakan DDR5 sebagai standard sehingga nantinya harganya akan turun.

Itu dia perbedaan dari ram ddr4 dan ddr 5 yang dapat menjadi tambhana ilmu baru buat kalian semoga artikel ini dapat membantu kalian lebih paham akan kedua jenis ram ini sampai jumpa di artikel selanjutnya.(int2)