in

Pentingnya Basic Skincare untuk Teenager

Hipkultur.com – Memiliki kulit yang yang cerah dan bersih adalah sebuah impian hampir semua orang, baik itu perempuan maupun laki-laki, maka dari itu merawat kulit sangatlah penting. Jika kalian pemula dan ingin mencoba untuk merawat kulit, kalian bisa menggunakan basic skincare terlebih dahulu.

Basic skincare secara umum adalah rangkaian perawatan kulit yang paling dasar dan bertujuan untuk membersihkan, melembabkan serta melindungi kulit. Perawatan kulit sendiri sangat penting, terutama bagi seorang remaja.

Dengan menjaga perawatan kulit dengan benar, kalian sudah dapat membangun pondasi kulit agar terlindung dari berbagai macam permasalah kulit.

Lalu, apa saja sih basic skincare itu ?

1. Cleansing

Foto: Mencuci Muka (Freepik.com/wayhomestudio)

Tahap ini memiliki tujuan untuk membersihkan kulit wajah dari debu atau partikel yang menempel pada kulit wajah, selain juga dapat untuk mengangkat kotoran tahap ini juga bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.

Untuk membersihkannya kalian harus menggunakan facial wash yang kandungannya sesuai dengan apa yang sedang di butuhkan oleh kulit kalian masing-masing, seperti facial wash yang mengandung salicylic acid untuk jenis kulit yang berjerawat.

Kandungan salicylic acid sendiri berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah, karena salicylic acid sendiri memiliki sifat anti inflamasi, yang dimana zat ini dapat membantu mengurangi atau meredakan peradangan saat kulit wajah sedang iritasi atau breakout.

2. Moisturizing

Foto: Pelembap (Freepik.com/freepik)

Moisturizer atau yang sering disebut dengan pelembab memiliki manfaat untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini sendiri dibutuhkan agar kulit wajah tetap lembab terhidrasi, halus dan sehat.

Pelembab sendiri sangat penting, karena jika kalian tidak menggunakannya kulit wajah akan menjadi kering, hal ini terjadi karena kelembapan alami pada kulit wajah mengalami pengurangan dan kadar pH rendah, sehingga membuat kulit wajah kekurangan protein keratin.

Maka dari itu menggunakan pelembab sangay penting untuk dapat membantu meningkatkan kadar pH dan produksi keratin pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi lembab.

Manfaat pentingnya moisturizer yaitu dapat menutrisi kulit, dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, membuat kulit wajah awet muda, membantu kulit agar berfungsi dengan baik serta dapat menutupi kekurangan pada kulit wajah lainnya.

3. Protecting

Foto: Khasiat Sunscreen (Orami Photo Stock)

Tahap ke-3 yaitu Protecting yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit wajah. Kulit wajah sendiri memerlukan perlindungan dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Maka dari itu kulit wajah kita memerlukan pelindung untuk menghindari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Untuk aktivitas didalam dan diluar ruangan yang tidak terlalu terik dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 30. Sedangkan jika kalian beraktivitas diluar ruangan yang langsung dibawah matahari yang terik, kalian dapat menggunakan sunscreen yang memiliki SPF 50.

Sunscreen sendiri digunakan sebanyak 2 ruas jari untuk perlindungan yang maksimal dan digunakan setiap setiap hari, serta wajib untuk di reaply setiap 3 sampai 4 jam sekali karena proteksi dari sunscreen sendiri dapat semakin berkurang.

Selain untuk melindungi kulit wajah, sunscreen sendiri memiliki manfaat seperti dapat mencegah penuaan dini, dapat mengurangi resiko munculnya noda atau flek hitam pada kulit wajah, dapat mempertahankan warna kulit agar tetap merata serta dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Dengan menggunakan basic skincare yang melibatkan cleansing, moisturizing, dan protecting, dapat memulai perawatan kulit yang efektif. Tetap konsisten dalam merawat kulit dan pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan perawatan yang baik, akan membangun pondasi kulit yang sehat dan terlindung dari berbagai masalah kulit.(int1)

Olahraga Gymnastic: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Perkembangan Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia