in

Manfaat Dari Olahraga Pilates

Hipkultur.com – Pilates adalah jenis olahraga atau latihan fisik yang berfokus pada penciptaan kekuatan fisik melalui keseimbangan otot-otot tubuh dan pola neuromuskular. Gerakan dalam pilates umumnya melibatkan otot-otot perut, panggul, pinggang, dan paha.

Meskipun tergolong sebagai olahraga dengan beban yang rendah atau low-impact, pilates dapat memberikan latihan yang menantang untuk kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas otot.

Meskipun gerakannya terlihat sederhana, latihan pilates sebenarnya dapat melibatkan kontrol pernapasan, fokus pada inti tubuh (powerhouse), dan pengaturan posisi tubuh yang tepat. Melakukan pilates secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, postur, dan kesadaran tubuh secara keseluruhan.

Berikut 5 manfaat pilates untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan Tubuh

Jika kita melakukan dengan teknik yang benar, olahraga pilates dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada tubuh.

Pilates menantang otot dengan teknik yang tidak biasa dilakukan dalam jenis olahraga lainnya. Konsistensi dalam melakukan latihan pilates sangat penting untuk meningkatkan kekuatan glutes dan membuat otot penstabil bekerja.

Latihan pilates dilakukan secara sistematis dengan berbagai postur yang berbeda, membantu Anda mengidentifikasi titik lemah dan mengatasi tantangan dalam gerakan. Inilah yang membuat olahraga pilates menjadi menantang.

Selain itu, pilates juga menguji tubuh Anda dalam mengangkat beban. Dengan rutinitas latihan yang konsisten, olahraga pilates akan menjadi lebih mudah dilakukan seiring berjalannya waktu.

Fokus pada gerakan yang terkontrol menghasilkan latihan kekuatan yang intens, sehingga Anda akan menjadi lebih mahir dalam melakukan berbagai postur pilates.

2. Mengurangi stress

Meluangkan waktu untuk bernapas dan fokus ke dalam diri adalah aspek penting dalam olahraga pilates, Pengaturan pernapasan yang baik merupakan cara untuk memfasilitasi relasi atau aktivasi otot selama melakukan gerakan pilates.

Fokus dan melakukan gerakan dengan benar akan meningkatkan kesadaran tubuh dan memperkuat koneksi antara pikiran dan tubuh, Meskipun berbeda dari yoga, pilates dapat memberikan manfaat menenangkan yang serupa.

Dengan melakukan pilates secara rutin dalam seminggu, Kalian akan merasakan perbaikan besar pada tubuh kalian.

Jika kalian menghabiskan waktu di kantor dengan duduk di belakang meja sepanjang hari, Kalian mungkin mengalami rasa sakit dan ketegangan pada punggung bawah, leher, dan bahu, yang dapat meningkatkan tingkat stres.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Melakukan pilates secara rutin akan membantu melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, panggul, dan perut agar dapat bekerja secara harmonis.

Melalui latihan pilates, otot inti pada tubuh akan dapat bekerja untuk menstabilkan koordinasi tubuh secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan postur tubuh saat duduk maupun berdiri.

Dengan memperkuat otot-otot inti, seperti otot perut dan panggul, pilates membantu menciptakan fondasi yang stabil untuk gerakan dan memperbaiki keseimbangan otot. Hal ini dapat membantu meningkatkan keselarasan postur tubuh, mengurangi ketegangan, dan memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

4. Mengurangi Nyeri Akibat Cedera

Selain meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk mencegah cedera, pilates juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat cedera dan mempercepat proses pemulihan.

Oleh karena itu, banyak orang dengan gangguan nyeri punggung kronis memilih untuk berlatih pilates guna membantu mempercepat pemulihan mereka.

Dengan memperkuat otot-otot yang terlibat dalam dukungan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh, Pilates dapat membantu mengurangi tekanan pada area yang terluka atau sensitif.

Dalam prosesnya, pilates membantu mengembangkan kekuatan dan fleksibilitas yang seimbang, yang dapat mengurangi ketegangan dan nyeri, serta mempercepat proses penyembuhan cedera.(int4)

Perkembangan Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia

Makanan Khas Jogja Paling Ikonik