in

Manfaat Buah Persik, Buah Awet Muda. Benarkah?

Buah persik atau peach adalah termasuk dalam genus prunus, suku Rosaceae. Berasal dari China, buah ini kemudian menyebar ke seluruh dunia melalui rute kuno, Jalur Sutra.

Buah ini identik dengan dagingnya yang berwarna kuning dan bijinya yang keras. Umumnya, rasanya juga unik dan memiliki aroma harum yang khas.

Jadi salah satu buah yang cukup langka, ternyata buah ini mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin yang melimpah pada buah ini digadang-gadang mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Lantas, apa saja sih manfaat buah persik untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Persik (Peach)

Selain mengandung vitamin yang melimpah, buah ini juga mengandung gizi yang tak kalah bernutrisi. Di antaranya:

Kalori (energi), Karbohidrat, Serat, Air, Protein, Lemak, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Pantothenic acid), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B9 (Folat), Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Manganese, Fosfor, Potassium (Kalium), Seng (Zinc), Crypto-xanthin-ß, Carotene-ß, dan Lutein-zeaxanthin

Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan

Selain kandungan nutrisi yang melimpah, ternyata buah ini juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Jika kamu ingin mengkonsumsi buah ini, kamu wajib tahu apa aja sih manfaatnya. Berikut beberapa manfaat buah persik untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan rahasia lagi jika buah ini mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan kulit. Bahkan, Penelitian menunjukkan, mengkonsumsi buah persik secara rutin bisa menjadikan kulit lebih sehat dan terawat. Itu karena kandungan vitamin C yang ada pada buah persik dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Tak hanya itu, antioksidan pada buah persik juga sangat penting untuk membentuk kolagen. Sehingga vitamin C dan kolagen pada buah ini akan sangat bermanfaat untuk sistem pendukung kulit, meningkatkan penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan kulit.

Jadi, jika ingin awet muda, jangan lewatkan buah ini untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Melindungi Mata

Tak hanya kulit, ternyata buah persik juga bermanfaat untuk melindungi mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah persik, dapat membantu melindungi retina dan lensa mata dari risiko degenerasi makula dan katarak

Tak hanya itu, kandungan vitamin A di buah persik juga bisa membantu mata agar tetap sehat, sehingga punya penglihatan yang sehat.

Kandungan Vitamin A ini juga bisa melindungi mata dari xerophthalmia, atau penyakit yang dapat merusak penglihatan normal dan menyebabkan rabun senja (ketidakmampuan untuk melihat dalam gelap atau cahaya redup).

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah persik yang terkenal punya kandungan Antioksidan melimpah juga sangat bermanfaat untuk melawan stres oksidatif atau ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel.

Stres Oksidatif ini juga bisa disebut sebagai faktor penyebab utama penyakit Neurodegeneratif seperti Alzheimer.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tak tanggung-tanggung, buah persik ternyata juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Satu satunya dengan mencukupi 15% suplai harian vitamin C untuk tubuh kamu.

Jika Vitamin C terpenuhi, secara tidak langsung tubuh kamu akan  terasa lebih segar sepanjang hari.

Tak Vitamin C, kandungan Vitamin A dalam Buah Persik juga membantu membentuk selaput lendir di saluran pernapasan kita.

Sehingga, tubuh punya membran yang lebih kuat untuk melindungi kekebalan tubuh melalui sifat antimikroba yang alami.

5. Memperlancar Pencernaan

Siapa sangka, satu buah persik dengan ukuran sedang, ternyata punya 10% kandungan serta yang baik untuk tubuh, terutama untuk mencegah sembelit.

Selain mencegah sembelit, serat buah persik juga membantu mengatur kadar gula darah.

Tak hanya itu, persik juga mengandung prebiotik, dengan tugas  memberi makan bakteri menguntungkan di usus. 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

TamaT official photo 2023 (hipKultur)

2023 Segera Tuntas, TamaT Pungkas dengan EP

Gambar Kota New York. (Pexels/Airam Datoon)

Nama Kota di Dunia yang Paling Banyak Disebut dalam Lirik Lagu