in

Jenis Kucing yang Cocok Untuk Dijadikan Hewan Pelihara

Hipkultur.com – Kucing, merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara dan disukai oleh banyak orang, karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, kucing juga memiliki banyak jenis kucing dan rasnya yang masing-masingnya memiliki ciri khasnya tersendiri, seperti :

1. Kucing Persia

Hewania.com

Pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Kucing Persia, kucing ini termasuk salah satu jenis kucing peliharaan yang paling terkenal dan banyak dicari. Kucing persia sendiri memiliki ciri khas bulu yang panjang dan lebat, berwajah bulat, serta memiliki hidung yang pesek.

Kucing persia termasuk dalam jajaran kucing termahal. Seperti namanya, kucing persia pertama kali ditemukan di Persia atau Iran.

Kucing persia sendiri juga masih terbagi menjadi beberapa jenis, seperti kucing persia medium, kucing persia peaknose, kucing persia flatnose dan kucing persia himalaya.

2. Kucing Anggora

Fimela.com

Banyak sekali yang suka dengan jenis kucing ini dikarenakan bulunya yang putih seperti salju. Kucing anggora ini berasal dari Ankara, Turki.

Kucing ras ini menjadi salah satu kucing yang paling di idolakan, dikarenakan di Indonesia sendiri kucing anggora sangat jarang sekali ada, karena tidak diperbolehkan atau di batasi oleh Turki.

Selain bulunya yang mampu menarik perhatian, kucing anggora juga termasuk kucing yang sangat aktif dan lincah, kucing ini juga memiliki ciri khas tersendiri selain dari bulunya yang putih, yaitu telinga yang lumayan lebar di bagian bawah dan mengerucut ke atas seperti segitiga.

3. Kucing Siam

Liputan6.com

Kucing siamese atau biasa disebut dengan kucing siam ini berasal dari Thailand. Kucing siam dulunya mulai dikenal saat kemunculan pertama kalinya di Eropa, dan pada saat itu diberikan kepada duta besar Inggris di Thailand pada abad 18.

Kucing siam sendiri memiliki ciri khas tubuh yang ramping, ekor yang panjang, mata berwarna biru, memiliki bulu yang pendek, serta memiliki titik gelap. Selain itu kucing siam juga memiliki suara yang lembut, cerdas, dan sifat yang lincah.

4. Kucing Maine Coon

duniapeliharaan.com

Kucing Maine Coon selain sangat terkenal, kucing ini juga menjadi salah satu kucing ras terbesar. Walaupun memiliki badan yang besar, kucing maine coon sendiri termasuk kucing yang memiliki sifat yang sangat ramah, dan kucing maine coon juga bisa tinggal bersama dengan kucing ras lain, bahkan oleh anjing sekalipun.

Berat kucing maine coon betina dapat mencapai hingga 6 kilogram dan kucing maine coon jantan dapat mencapai 8 kilogram.

5. Kucing Munckin

halodoc.co

Kucing munckin meruapakan salah satu jenis ras kucing yang memiliki kaki pendek, hal ini terjadi karena terbentuk oleh mutasi genetik alami. Ras kucing munckin ini juga sudah mulai di kembang biakan di Amerika Serikat pada tahun 1980an.

Kucing ini ada yang memiliki bulu panjang dan ada yang pula memiliki bulu pendek, karena keunikannya kucing munckin sering di persilangkan dengan ras kucing lain. Oleh sebab itu ras kucing munckin menjadi nenek moyang dari beberapa jenis kucing berkaki pendek,

Seperti ras skookum (persilangan dengan ras laperm), ras minskin dan bambino (persilangan dengan ras sfinks), ras lambkin (persilangan dengan ras rex selkirk), ras genetta (persilangan dengan ras bengal), dan ras napoleon (persilangan dengan ras persia, himalaya, dan eksotis).

Setiap kucing tersebut memiliki daya tariknya sendiri dan keunikan yang membuatnya istimewa. Baik itu untuk dijadikan teman bermain, sahabat setia, atau bahkan koleksi hewan peliharaan yang spesial. Memelihara kucing sesuai dengan jenis dan karakteristiknya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memperkaya kehidupan kita.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, penting untuk memahami karakteristik dan kebutuhan masing-masing kucing agar dapat memberikan perawatan yang terbaik bagi mereka.(int1)

Smoothie: Minuman Segar dengan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

Game Online Gratis yang Dapat Diakses di Website