in

Jason Ranti Rilis Single Baru Bertajuk “Hari-Hari Musik”

Jason Ranti pada sebuah pose candid menyanyi & bermain gitar (official)
Jason Ranti pada sebuah pose candid menyanyi & bermain gitar (official)

Setelah hampir setahun “menghilang”, penyanyi dan penulis lagu, Jason Ranti rilis single baru berjudul “Hari-Hari Musik”. Info ini diperoleh dari promotor musik Reallist Management.

Karya terbaru Jejeboy ini dilepas pada Sabtu, 9 Maret 2024, bertepatan dengan Hari Musik Nasional.

Lewat keterangan tertulis, Jason Ranti mengatakan bahwa dirinya memang sengaja menghilang. Baginya, itu merupakan usaha untuk menemukan dirinya kembali.

“Saya menghilang. Saya hilang selama 3 bulan. Ada beberapa yang mengatakan saya menghilang selama 1 tahun. Apapun itu, usaha saya menghilang sejatinya adalah sebuah usaha untuk menemukan diri saya kembali,” kata Jeje.

Jeje menepi sejenak dari riuh-rendah dunia musik dan sengaja membatasi aktivitas panggung. Ia sempat mengasingkan diri di sebuah kota yang hanya disebutkan inisialnya saja, untuk merenung dan refleksi diri.

“Untuk merenung, mencari keseimbangan dan merefleksikan apa apa yang sudah terjadi sembari mencari mercusuar musikal saya yang baru. Oleh beberapa teman teman terdekat, saya dibawa ke sebuah ‘tempat pengasingan’ yang berada di Kota T. Saya dibawa ke sebuah rumah seseorang yang betul-betul hangat rasanya,” ucapnya.

Tapi di sana, Jason Ranti tidak diam saja. Ia tetap berkarya, termasuk menulis lagu dan melukis. Seorang kawan memberikan padanya sebuah gitar, yang membuatnya memulai lagi proses berkarya. Hingga terangkai satu tembang yang kemudian diberi judul “Hari-Hari Musik”.

“Di situ, dengan modal gitar yang diberikan oleh seorang kawan di Jogja, saya masih tetap berkreasi menciptakan karya lagu dan lukisan. Dan sampailah saya pada waktu di mana tercipta sebuah lagu berjudul ‘Hari-Hari Musik’,” tuturnya.

Coba dengarkan

Seakan Lebih Emosional

Inspirasi “Hari-Hari Musik” berawal ketika Jeje mendengar seorang anak kecil berceloteh. Si anak kecil ini mengucapkan sebuah frasa, “ada Salsa di hari Selasa”. Celotehan itu mengetuk pintu kreatif Jeje, meski ia sendiri tak mengerti maknanya, apalagi mengenal Salsa.

Terlepas dari semua itu, ia mengatakan bahwa “Hari-Hari Musik” memiliki arti besar buatnya. Lewat lagu ini, ia menemukan banyak hal baru dan membawanya bertransisi menjadi lebih dewasa, baik dalam hal personal maupun berkarya.

“Lagu ini penting buat saya karena tampaknya melalui lagu ini saya menemukan hal hal baru, tentang hal hal musikal maupun juga hal hal non musikal, setidaknya bagi saya sendiri. Lagu ini menjadi semacam titik transisi saya dari Jejeboy menjadi Jejeman. Uhuuy!. Melalui lagu ini, setidaknya saya merasa bahwa hal-hal yang terjadi adalah baik-baik saja,” ucap Jason Ranti.

Hadirnya single baru ini juga memunculkan karakter baru dalam karya Jeje. Liriknya terdengar lebih santun dalam irama yang lebih kalem. Soal lirik, ia berkata bahwa ada banyak cara untuk menulis pesan yang ingin disampaikan. Sementara soal irama, itu dimaksudkan agar karyanya menjadi penyeimbang dunia kekinian yang serba cepat dan terkesan tergesa-gesa.

Single “Hari-Hari Musik” sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital, termasuk di website ini. Selanjutnya, dalam waktu dekat Jason Ranti akan menggarap album ke-4 berjudul “Sesudah Pergaulan Blues”.