in

Inveigh: Hadapi “Dinamika” Krisis Paruh Baya Lewat Punk-Alt

Inveigh, supergrup yang digawangi Yulius Rinda Bagus (Vokal), Anizar Yasmeen (Bass), Eltria Raffi (Gitar), dan Raditia Putra (Drum).
Inveigh, supergrup yang digawangi Yulius Rinda Bagus (Vokal), Anizar Yasmeen (Bass), Eltria Raffi (Gitar), dan Raditia Putra (Drum).

1 Juni 2024, kancah musik Malang kembali ramai oleh sebuah loncatan baru. Inveigh, proyek supergrup yang digawangi musisi underground terkemuka Malang, merilis EP debut berjudul “Dinamika”. Dengan anggota-anggota kawakan dari berbagai genre, Inveigh menyajikan sesuatu yang segar, menggabungkan elemen punk, grunge, dan alt-rock.

Inveigh adalah Yulius Rinda Bagus (Vokal/Take This Life), Anizar Yasmeen (Bass/Extreme Decay), Eltria Raffi (Gitar/Dazzle), dan Raditia Putra (Drum/Young Savages & Mocking My Friend). Mereka sudah berkonsolidasi sejak November 2023, memulainya dengan sesi latihan intensif hingga awal tahun 2024. Proses ini membuahkan materi yang bernuansa punk dan rock alternatif yang khas.

Menggali Tema Krisis Paruh Baya

“Dinamika” menjadi representasi yang autentik tentang perjuangan orang dewasa dalam menghadapi krisis paruh baya. Melalui lima lagu penuh emosi, Inveigh membagikan cerita-cerita pribadi mereka sebagai orang Jawa yang tinggal di Malang. Lirik-lirik dalam bahasa Indonesia memperkuat pesan-pesan dan harapan yang terucap dengan gamblang, mudah ditangkap oleh telinga.

Julius Rinda Bagus, vokalis Inveigh, menjelaskan, “Tema besar pada lirik berasal dari apa yang kami alami dan rasakan di keseharian. Kami adalah sekelompok pria usia 20-an hingga 30-an akhir, jadi wajar saja jika lagu-lagu kami mencerminkan pengalaman-pengalaman yang mungkin dialami oleh pria seumuran kami.”

Secara sonik, Inveigh membawa pendengar dari suasana garage punk hingga gaya alt-rock yang mengingatkan pada band-band seperti The Bronx, The Ghost of a Thousand, Pure Love, Gallows, dan The Damned Things. Meski tidak mengonsep musik dengan warna atau genre tertentu secara khusus, Inveigh sukses menyampaikan minat mereka dalam memainkan lagu-lagu energik dan bermakna.

Proses rekaman “Dinamika” dilakukan dengan penuh dedikasi, dimulai dari bulan Februari hingga akhirnya selesai pada bulan April 2024. Drum dan bass direkam di Sirius Studio, vokal di Haum Studio, dan gitar di 202 Studio. EP ini akhirnya dirilis pada 1 Juni 2024 melalui Haum Entertainment.

Dengarkan “Dinamika” suguhan Inveigh lewat kanal bandcamp, di sini: