in

Hantu-hantu Terseram di Indonesia, Pocong Ranking 1

Pocong Mumun.

Dari zaman dulu, kisah mistis Indonesia sudah disebar di seluruh penjuru nusantara. Hampir seluruh pelosok daerah punya hantu populer mengerikan.

Beberapa diantaranya melegenda dan ditakuti masyarakat Indonesia, karena dianggap hantu terseram yang pernah ada.

Kira-kira siapa saja hantu terseram di Indonesia?

Berikut daftarnya yang saya rangkum mulai ranking satu sampai tujuh:

1. Pocong

Pocong dianggap sebagai sosok hantu paling seram urutan pertama di Indonesia. Berwujud seram menggunakan pakaian serba putih dan kain kafan penuh ikatan, sukses membentuk citra pocong yang mengerikan.

Banyak tanggapan penggambaran pocong merupakan bentuk proses dari orang mati yang lupa dibuka ikatan tali kafannya saat berada di dalam kuburan.

Karena diikat, banyak orang yang menggambarkan pocong berjalan dengan melompat-lompat.

Tak hanya itu, pocong digambarkan berwajah datar putih pucat dengan mata berongga yang mengeluarkan urat  dari matanya. Apakah kamu takut dengan sosok setan satu ini?

2. Wewe Gombel

Sosok setan ini tak kalah menyeramkan dibandingkan sosok pocok. Di pulau Jawa sosok ini terkenal jahat karena suka menculik anak-anak yang ditelantarkan atau diabaikan oleh orang tuanya.

Wewe Gombel penculik anak tersebut dan menyimpan anak-anak itu di payudaranya yang besar.

Dari cerita yang beredar, Wewe Gombel Ini berasal dari roh seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat yang menuduh sang wanita membunuh sang suami akibat perselingkuhan.

Sosok Wewe Gombel digambarkan dengan ciri khas baju putih lusuh, berambut panjang menjuntai, dan bentuk buah dadanya yang besar.

3. Suster Ngesot

Sosok setan ini terkenal karena ceritanya yang sadis. Berawal dari, sebuah rumah sakit di daerah Jakarta tempat pertama kali sosok ini menampakkan diri di lorong rumah sakit.

Dahulu, ada sosok suster yang meninggal akibat dibunuh dengan tragis setelah diperkosa oleh seorang pria. 

Suster ini dibunuh dengan cara melukai kakinya hingga sang suster tak bisa berjalan.

Dari cerita ini, sosok suster ngesot tercipta dan melegenda di setiap rumah sakit di Indonesia.

4. Tuyul

Siapa yang nggak familiar sama setan satu ini. Tuyul ini jadi salah satu sosok hantu yang paling banyak tersebar di Indonesia terutama pulau Jawa.

Digambarkan sebagai anak kecil atau orang kerdil berkepala gundul dengan kulit keperakan dan bersuara seperti anak ayam, tuyul sering kali dipekerjakan untuk mencuri uang.

Namun, sosok ini juga dipercaya terbentuk dari janin bayi yang mengalami  keguguran atau bayi yang mati saat lahir.

5. Sundel Bolong

Sosok hantu ini sudah tak asing di telinga masyarakat.

Mitosnya, sosok Sundel Bolong digambarkan berwujud wanita berambut panjang dan bergaun putih, memiliki bolongan berbelatung di punggungnya hingga organ tubuhnya terlihat.

Sundel bolong ini diceritakan sebagai perempuan yang tewas terbunuh karena diperkosa atau melahirkan anaknya di dalam kubur.

Sosok setan ini terkenal berkat penampilan Suzanna dalam film-film horor era tahun 80an.

6. Kuntilanak

Sosok setan ini dikisahkan sebagai seorang perempuan hamil yang meninggal dunia.

Diambil dari kisah Melayu, Kuntilanak digambarkan sebagai perempuan cantik yang sering muncul bersamaan dengan bau harum bunga kamboja.

Konon, Kuntilanak menyukai pohon tertentu sebagai tempat bersemayam seperti pohon waru yang condong ke samping (waru doyong).

Kuntilanak ini sering mengganggu wanita hamil dan bayi. Kuntilanak juga dipercaya dapat berubah jadi manusia bila menancapkan paku ke ubun-ubunnya. Keren juga ya Mbak Kunti.

7. Genderuwo

Genderuwo dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai makhluk halus dengan wujud tinggi besar, kekar dan dipenuhi bulu lebat di seluruh tubuh.

Habitat dan kegemarannya pun macam-macam, ada yang suka tinggal di pohon besar, sudut lembab yang gelap, atau gedung dan rumah yang tak berpenghuni.

Sosok Genderuwo juga suka mengubah fisiknya menjadi pria tampan dan suka menghamili perempuan.

Banyak orang percaya bahwa genderuwo merupakan arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

5 Boneka Ini Timbulkan Teror ke Pemiliknya, Berani Punya?

One Piece Live Action post-credit scene.

Jalan-jalan ke Kota Tempat Syuting One Piece Live Action, Cakep!