in

5 Kota Terbersih di Indonesia, Ada Rumahmu?

Hipkultur.com – Kota terbersih di Indonesia didefinisikan sebagai wilayah dengan tingkat kebersihan yang tinggi, yang berhasil dicapai melalui upaya pemeliharaan lingkungan yang efektif.

Upaya tersebut mencakup pembersihan jalan, pembuangan sampah yang baik, serta pengelolaan air dan air limbah yang optimal.

Selain itu, kota terbersih di Indonesia juga gencar mengurangi polusi udara dan suara, serta mempromosikan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan bagi penduduknya.

Namun, untuk menjadi kota terbersih, diperlukan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah dapat berperan dengan menyediakan fasilitas dan program yang mendukung usaha menjaga kebersihan lingkungan.

Di sisi lain, masyarakat harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk menjaga lingkungan mereka sendiri serta menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Ini adalah 5 Kota Terbersih di Indonesia

1. Makassar

Makassar, salah satu kota terbersih di Indonesia, telah meningkatkan kualitas lingkungan melalui program pembersihan dan penanaman pohon.

Pemerintah mengatur industri dan transportasi untuk mengurangi polusi udara dan air. Kota ini meraih Adipura tiga kali berturut-turut sejak tahun 2017.

Masyarakat juga aktif berperan dalam menjaga kebersihan dengan aktivitas sosial.

2. Semarang

Kota Semarang di Asia Tenggara dikenal sebagai salah satu kota terbersih, meraih penghargaan kota wisata terbersih di ASEAN dari ASEAN Clean Tourist City pada periode 2020-2022.

Selain itu, Semarang juga menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil memenangkan Adipura sebanyak 6 kali berturut-turut sejak tahun 2012.

Prestasi ini menjadi kenyataan berkat kerjasama yang baik antara pemerintah kota dan seluruh masyarakatnya.

Tercatat hingga saat ini, Semarang memiliki 259 titik taman dan ruang publik hijau yang terjaga dengan baik.

Salah satu contohnya adalah Kampung Pelangi, yang telah diubah menjadi kawasan yang menarik dan bersih, menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional.

3. Surabaya

Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Disebut juga sebagai kota Pahlawan karena kisah perjuangan pemuda Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia sangat keras.

Sebelum menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini merupakan Walikota Surabaya yang berhasil menyulap Surabaya menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia.

Pada tahun 2019, kota Surabaya sukses mendapatkan penghargaan Adipura Kencana yang langsung diberikan oleh Wakil Presiden pada saat itu, Jusuf Kalla.

Surabaya juga menjadi salah satu dari tiga kota di dunia yang mendapatkan penghargaan The Sustainable Cities and Human Settlements yang didukung secara penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan tersebut dapat diwujudkan karena Surabaya memiliki sistem pengolahan sampah terpadu yang sangat baik yang bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

4. Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota di Indonesia yang menduduki posisi kedua dalam hal kebersihan di ASEAN.

Prestasi tersebut juga didukung oleh tiga penghargaan yang berhasil diraih dalam ajang ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award pada tahun 2014.

Keberhasilan ini tak lepas dari sinergi optimal antara masyarakat dan pemerintah dalam upaya menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan kota.

5. Palembang

Palembang, sebuah kota di Indonesia, telah memenangkan penghargaan Adipura sebanyak tiga kali berturut-turut sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia. Selain itu, Palembang juga mendapatkan penghargaan.

Kota ini juga berhasil mencapai target menyediakan air bersih bagi 80% warga, yang kemudian diperluas hingga mencakup 90% penduduk Palembang dapat menikmati air bersih.

Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan upaya nyata Palembang dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan pelayanan publik bagi warganya.(int4)

Rekomendasi Penginapan Probolinggo Dekat Wisata Bromo

Fakta-fakta Menarik Burung Bangau, Suka ‘Pindah Rumah’