in

5 Wisata Paling Hits di Nganjuk

Nganjuk adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini memiliki kekayaan kuliner yang sangat menarik dan layak untuk dieksplorasi.

Anda dapat menemukan beragam kuliner khas Nganjuk yang menggugah selera di berbagai warung atau restoran di kota ini.

Berikut merupakan Kuliner khas Nganjuk yang paling banyak dicari:

1. Nasi Becek

Nasi Becek, atau dikenal juga sebagai Sego Becek, merupakan kuliner khas Nganjuk, Jawa Timur. Hidangan ini sangat populer dan menjadi salah satu makanan tradisional yang terkenal di daerah tersebut.

Di Nganjuk, terdapat banyak penjual nasi becek, namun salah satu warung yang terkenal dan telah berdiri sejak lama adalah Warung Nasi Becek dan Sate yang terletak di Jl Dr. Sutomo II Kota Nganjuk.

Nasi Becek telah ada sejak tahun 1940, namun tidak diketahui dengan pasti siapa yang pertama kali menjual hidangan ini. Sego becek memiliki kesamaan dengan kari/kare kambing.

Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan seperti soto babat dengan tambahan irisan kubis, kecambah, dan potongan daging atau babat. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan sate kambing sebagai pelengkap. Kombinasi kuah yang lezat dan sate kambing memberikan keistimewaan pada nasi becek.

2. Nasi Jagung Sedudo

Menyajikan sepiring nasi jagung dalam wadah pincuk daun pisang yang dilengkapi dengan sayuran matang, sambal kelapa, ikan asin, dan rempeyek, kuliner ini akan memanjakan lidahmu dengan harga yang terjangkau.

Sensasi rasa yang lezat semakin sempurna saat disantap sambil menikmati pemandangan Air Terjun Sedudo yang indah dan udara segar di kawasan pegunungan.

Nasi jagung telah menjadi ikon kuliner di sekitar Air Terjun Sedudo yang terkenal. Selain memiliki cita rasa yang khas, hidangan tradisional ini telah dijajakan selama bertahun-tahun. Bahkan, ada pedagang yang berhasil bertahan dan menghidangkan nasi jagung ini selama puluhan tahun.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner nasi jagung yang lezat dan autentik ini saat berkunjung ke Air Terjun Sedudo. Nikmati kelezatannya sambil menikmati keindahan alam yang memukau di sekitar.

3. Dubleg

Dumbleg, salah satu kuliner khas Nganjuk, memiliki bentuk yang mirip dengan dodol. Makanan ini terbuat dari campuran tepung ketan, gula jawa, dan santan kelapa yang khas. Namun, dalam beberapa varian, tepung beras juga dapat digunakan sebagai bahan utama.

Cita rasa Dumbleg khas Nganjuk sangat khas dengan rasa yang manis dan gurih. Jika Anda penasaran dan ingin mencicipi makanan khas Kota Nganjuk ini, Anda dapat menemukannya di berbagai penjual makanan di pasar Gondang dan sekitarnya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Dumbleg yang lezat ini dan nikmati kelezatannya yang unik dari Kota Nganjuk.

4. Krupuk pecel

Salah satu jajanan khas Nganjuk yang terkenal adalah krupuk pecel. Jajanan ini menjadi khas Nganjuk karena tidak banyak ditemukan di kota lain. Di Nganjuk, krupuk pecel menjadi primadona karena harganya yang terjangkau.

Salah satu warung yang populer adalah Warung Krupuk Pecel Spesial Bu Penik. Warung ini memiliki suasana sederhana, teduh, dan penuh keramahan.

Warung krupuk pecel ini terletak di pertigaan jalan Merpati, yang merupakan jalur menuju Perumnas Candirejo Nganjuk dan Kwagean yang selalu ramai.

Krupuk pecel disajikan dengan krupuk yang dihiasi dengan sayur kenikir, tauge, dan berbagai sayuran lainnya.

Tahu iris juga ditambahkan sebagai pelengkap, kemudian sambel pecel dituangkan di atasnya. Rasanya yang menggugah selera membuatnya menjadi favorit di kalangan pengunjung.

5. Onde-onde njeblos

Makanan khas Kota Nganjuk yang unik selanjutnya adalah Onde-onde Ketawa, atau sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai Onde-onde Njeblos.

Onde-onde Ketawa memiliki penampilan yang mirip dengan onde-onde pada umumnya. Namun, yang membedakan Onde-onde Ketawa ini dengan onde-onde lainnya adalah tidak adanya isi di dalamnya.

Selain itu, onde-onde ini juga memiliki bentuk yang terpecah atau pecah-pecah.(int4)

The Breakfast People (foto: official)

The Breakfast People bikin Debut Spektakuler Round ‘n Round

Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital