in

5 Makanan Khas Malam Tahun Baru Ini Sebetulnya Nggak Sehat

malam tahun baru
Ilustrasi tahun baruan. (Pexels)

Tahun baru sebentar lagi. Sudah punya rencana mau ngapain di malam tahun baru nanti?

Biasanya, orang-orang bikin acara kumpul-kumpul, nonton kembang api, bakar-bakar, lalu makan-makan.

Ada menu-menu khas yang juga sering muncul di acara malam tahun baruan. Seperti aneka daging, jagung bakar, sosis, kentang, dan macam-macam camilan yang menarik hati.

Tapi-tapi, buat kamu yang lagi giat menjaga kesehatan, awas terlena dengan makanan khas malam tahun baru berikut ini, Fyi aja sih:

1. Minuman Kemasan

Minuman kemasan biasanya sering muncul di acara tahun baruan. Ya karena biar gampang dan ga ribet aja.

Tapi, benefit itu berbanding terbalik dengan manfaatnya buat kesehatan tubuh.

Ini karena, minuman kemasan cenderung mengandung banyak gula yang tak baik kesehatan. Gula itu bisa berakibat fatal bila dikonsumsi secara berlebihan.

Salah satunya, tubuh bisa terkena penyakit diabetes. Tak hanya itu, tubuh juga bisa terkena gangguan liver, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

2. Daging Olahan

Daging olahan juga sering tampil saat acara tahun baruan. Seperti sosis, nugget, atau daging asap. Biasanya, bahan-bahan tersebut diolah jadi menu bakaran berbagai rasa.

Ada rasa manis, pedas, asin dan tak ketinggalan pedas, manis, gurih.

Tapi, makanan daging olahan ini bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Ini karena daging olahan sudah melalui berbagai macam proses yang buat gizinya berkurang.

Ditambah lagi, daging olahan ini sudah diberi pengawet supaya tahan lama.

Kata salah satu riset dalam jurnal Circulation, kebiasaan konsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti jantung, stroke, dan diabetes mellitus.

3. Kentang Goreng

Sebenarnya, kentang adalah makanan yang menyehatkan. Tapi beda lagi kalau digoreng.

Ini karena gizi dan vitamin pada kentang hilang seketika dan tergantikan dengan kalori, kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans berbahaya akibat penggorengan yang terlalu lama.

Jadi, jika kentang goreng ini dikonsumsi terlalu lama atau lebih dari 2 kali dalam seminggu, bisa menyebabkan resiko terserang penyakit lebih tinggi dan rentan mengalami kematian mendadak akibat serangan jantung.  

4. Gorengan

Gorengan juga termasuk makanan nggak sehat karena banyak mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol yang bisa memicu hipertensi, jantung koroner, stroke, dan gagal jantung.

Makanan ini juga tinggi kalori karena dimasak dalam rendaman minyak panas (deep frying). Sehingga bisa menyebabkan berat badan naik drastis hingga obesitas.

Tak hanya itu, gorengan juga mengganggu kinerja insulin hingga kadar gula darah melonjak tinggi dan meningkatkan risiko diabetes.

5. Kue Manis

Sebagai hidangan penutup, kue manis juga tak sehat untuk tubuh. 

Kandungan gula, tepung, dan mentega yang kaya berbagai macam lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan berbagai resiko penyakit seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!