in

5 Kota Misterius Populer di Dunia, Indonesia Salah Satunya


Kota misterius atau kota gaib kerap jadi perbincangan akhir-akhir ini. Kota gaib ini ternyata tak hanya ada di Indonesia lho, ada juga kota gaib yang populer di berbagai negara.

Banyak orang mengatakan kota gaib punya keunikannya masing-masing. Mulai dari fasilitas canggih, harta yang melimpah, serta daerah yang mahsyur bak kota impian.

Di Indonesia sendiri, kota gaib terkenal dengan cerita kotanya yang canggih dan masyhur. Ada 4 cerita kota gaib yang sampai sekarang masih jadi misteri.

Selain Indonesia, ada kota gaib di penjuru dunia yang ada di negara lain.

Berikut 5 Kota gaib paling misterius di dunia, rangkuman Hipkultur:

1. El Dorado

Kota gaib satu ini bernama El Dorado, sebuah kota misterius yang pertama kali dilaporkan di Eropa pada abad ke- 16 dan ke-17.

Konon, Kota El Dorado dikabarkan berada di Amerika Selatan. Banyak petualang pemburu harta karun berambisi mencari kota gaib ini.

Meski belum ditemukan bukti eksistensinya, kota ini di masih jadi tujuan utama para petualang dan pemburu untuk mendapatkan emas dan kekayaan alam yang populer di kota ini.

Selain itu, kota ini juga disebut secara spesifik bukan sebuah tempat, El Dorado diambil dari beberapa kombinasi mitos, berupa seorang pria dengan balutan emas yang tertanam di sebuah lembah atau danau.

2. Atlantis

Kota gaib ini berhasil bikin penasaran seluruh dunia. Atlantis atau Atlantika digadang-gadang merupakan kota tempat legendaris yang pertama kali disebut oleh filsuf Plato. Plato meyakini kota ini memang ada.

Kota ini dikabarkan hilang pada 369 SM, akibat tertanam bencana alam. Namun, meski sebagian orang percaya kota Atlantis merupakan kota yang hilang. Banyak juga orang mengira bahwa kota ini hanyalah karangan Plato dalam buku Timaeus dan Kritias.

Bahkan, disebut-sebut salah satu kota Atlantis ada di Indonesia.

3. Alas Purwo

Kota gaib berikut ini tak kalah populer dari kota Atlantis yang tersebar di seluruh dunia, Alas Purwo.

Alas Purwo masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo atau Alas Purwo National Park yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim).

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling angker di Pulau Jawa. Alas purwo menyuguhkan kegiatan-kegiatan mistis diluar nalar, seperti pesugihan, semedi mencari wangsit atau ilmu hitam, dan kegiatan mistis lain yang mempertaruhkan nyawa.

Bahkan, alas ini pernah dituduh sebagai alasan hilangnya beberapa orang yang sedang berkunjung dan wisata di sekitar Alas Purwo.

Alas Purwo ini dianggap keramat oleh sebagian orang  jawa, khususnya orang Banyuwangi, karena Alas Purwo dianggap sebagai tempat kerajaan gaib seluruh jin di Pulau Jawa.

konon, jika kamu mengunjungi Alas Purwo, kamu akan mendengar suara orang asing memanggil.

Jika kamu merasakan hal itu, jangan langsung menengok ke belakang, dan jika kamu melanggar kamu akan di bawa oleh makhluk gaib ke dunianya.

4. Wentira

Masih di Indonesia, kota gaib  ini  juga banyak dipercaya oleh masyarakat.

Kota Wentira berada di perbatasan Jalan Poros Trans Sulawesi Tengah (Sulteng), yang ada di Kota Palu.

Konon , kota gaib ini merupakan warisan Benua Atlantis yang telah lama hilang ditelan bumi.

Berawal dari kisah seorang pria tua yang pernah memesan sebuah mobil mewah BMW-i Series, berwarna kuning dengan alamat Wentira.

Saat mobil diantar, anehnya lokasi alamat pengantaran mobil tersebut hanyalah hutan lebat.
Sejak saat itu, beragam mitos pun dipercaya masyarakat. Bahkan, masyarakat mewajibkan orang yang melintas di sekitar Wentira harus membunyikan klakson sebanyak 3 kali.

5. Saranjana

Kota Saranjana merupakan salah satu kota gaib yang populer belakangan ini. Saking populernya, Kota gaib ini pernah difilmkan di bioskop Tanah Air.

Dikenal sebagai kota gaib dari Pulau Kalimantan, kota ini memiliki peradabannya yang maju bak kota impian.

Kisah kota gaib ini bahkan sudah melegenda di masyarakat Kalimantan atau Borneo. Kota ini menjadi misterius karena keberadaannya yang tidak tercatat di peta Indonesia.

Menurut masyarakat Kalimantan, kota Saranjana merupakan kota tak kasat mata dan tak bisa dilihat oleh orang awam.

Disebutkan bahwa Saranjana hanya bisa dilihat oleh mata batin orang tertentu.

Selain itu, penduduk Kota Saranjana diyakini memiliki paras rupawan, dan dihiasi oleh beragam kekayaan dan kemewahan. 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!