in ,

10 Pejabat Terkaya di Pemerintahan Republik Indonesia Saat Ini

(dari kanan atas) Cari tahu sendiri lah, ya

Pejabat itu, biasanya kaya raya, apalagi yang ada di Indonesia. Kita jarang mendengar sosok macam Presiden Uruguay Jose Mujica yang lebih memilih hidup jujur dan sederhana.

Tapi kabarnya, salah satu pejabat negeri ini yang cukup populer. Selain karena kiprahnya, juga pernah lewat pernyataan “menyengsengsarakan, menyengsengsengsarakan” yang typo wicara itu. Kabarnya politisi asal Madura itu hidup sederhana, masih mempertahankan sepeda motor Honda Kharisma 125 yang jadi saksi bisu perjuangan hidupnya.

Tapi lagi, namanya juga pejabat, pasti duitnya melimpah. Gaji pokok plus tunjangan ini itu, belum lagi pendapatan dari bisnis pribadi. Tentu saja lalu lintas keuangan di rekening mereka juga susah dihitung jari.

Di antara para pejabat pemerintah trias politica Indonesia saat ini, Hip punya daftar beberapa orang yang punya kekayaan di atas rata-rata. Jumlahnya sengaja kami pilih sepuluh, karena biar gampang, sudah ada sumbernya. Tapi sumbernya A4, bukan A1. Silakan cek di sini.

Kalau mau melihat lebih detail, kalian bisa temukan di laman resmi LHKPN KPK di https://elhkpn.kpk.go.id/. Kalau ini baru A1.

10 Pejabat Terkaya di Indonesia

Oke, lanjut. Sekarang giliran Hip yang akan memberikan uraian tersendiri. Tentang para pejabat terkaya di era pemerintahan saat ini. Ini dia:

10. Airlangga Hartarto

Di urutan paling buncit ada nama Airlangga Hartarto. Politisi Golkar yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Meskipun ada di urutan terakhir dalam daftar, nilai kekayaan pria kelahiran 1 Oktober 1962 ini sudah top. Kira-kira cukup untuk memberangkatkan umroh 13 ribu orang tahun ini.

Total kekayaan Airlangga Hartarto sebesar Rp454,3 miliar, menurut laporan LHKPN terakhir yang tertanggal 31 Desember 2022. Jumlah itu meningkat sekitar Rp28 miliar dari tahun sebelumnya.

Kira-kira dari mana saja sumber pendapatan Pak Airlangga? Gaji sebagai Menko menurut Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000 sebesar Rp5.040.000,-. Plus tunjangan jabatan sebesar Rp13.608.000,- per bulan. Apalagi selain menjadi menteri, pria asli Surabaya juga memiliki bisnis distribusi pupuk di bawah perusahaan bernama PT. Graha Curah Niaga. Jadi, silakan ditotal sendiri, ya.

9. Wiranto

Jenderal Purnawirawan TNI Wiranto kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Republik Indonesia.

Harta kekayaan beliau yang tercatat di LHKPN senilai Rp460,8 miliar. Hampir separuhnya berupa aset tanah dan bangunan yang tersebar di banyak wilayah, seperti DKI Jakarta, Bogor, Lebak, hingga Gorontalo.

Soal aset kendaraan, pendiri Partai Hanura hanya punya dua koleksi di garasinya. Satu minibus Toyota Kijang lawas keluaran 1997 seharga Rp90 juta. Serta satu Toyota Alphard tahun 2015 yang ditaksir nilainya nyaris menyentuh angka Rp800 juta. Sekadar catatan, ini berarti bahwa Pak Wiranto tidak punya sepeda motor.

8. Rachmad Gobel

Sudah familiar, kan dengan produk barang elektronik merk Panasonic? Nah, pria satu ini adalah pewaris tahta kerajaan bisnis yang bernama resmi PT. Panasonic Gobel tersebut.

Dunia bisnis dan entrepreneur sudah melekat dalam diri beliau. Namun kini, Rachmad Gobel juga memiliki posisi di badan legislatif periode 2019-2024, yaitu sebagai wakil dari Mbak Puan Maharani yang cucu Proklamator itu.

Dikutip dari Tirto.id, total pendapatan pejabat Wakil Ketua DPR menurut Surat Edaran DPR RI adalah Rp62,5 juta per bulan. Itu sudah temasuk gaji dan aneka ria tunjangan yang banyak macamnya. Kalau dari catatan LHKPN, harta Rachmad Gobel yang terlapor pada tahun 2022 sebesar Rp563,1 M.

Forum pertemuan BRICS ke-15 di Afrika Selatan (foto: nypost)

Ujung-Ujungnya Duit: Sedikit Soal BRICS, Kongsi Dagang Saingan Barat

Ilustrasi: menonton konser

Musik Bisa Jadi Obat Tidur, Pengaruhi Diet, Nggak Percaya?