in

Perkembangan Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia

Hipkultur.com – Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki minat pemain game dengan angka yang cukup tinggi, terutama di sektor game mobile.

Padahal, dari tahun-tahun sebelumnya, pasar game di Indonesia bisa dibilang cukup rendah dan tidak sebesar sekarang.

Hal itu dapat terjadi dikarenakan melesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang, sehingga anak-anak di zaman sekarang lebih cenderung memilih bermain di gadget mereka dibandingkan dengan game tradisional.

Esport adalah salah satu istilah olahraga yang menggunakan peralatan eletronik.
Mobile Legends: Bang-Bang, atau yang biasa dikenal dengan singkatan MLBB ataupun ML merupakan permainan online berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton.

Game ini dapat dimainkan melalui smartphone, baik Android maupun IOS.
Mobile Legends menawarkan permainan multiplayer yang dimainkan oleh 10 pemain yang akan dibagi menjadi dua tim. Masing-masing tim akan saling bertarung menggunakan karakter yang sudah dipilih untuk mempertahankan base turret, serta menghancurkan base turret milik lawan.

Pada saat ini, game tersebut merupakan salah satu game online yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Banyaknya tim tim esport terkenal seperti EVOS, RRQ, AURA, BTR, ONIC dan lainnya kini sudah membentuk tim divisi mobile legend dikarenakan perkembangan dan juga banyak tim esport besar yang sudah bergabung, turnamen mobile legends memiliki hadiah prize pool yang bisa di bilang sangat besar.

Bahkan bukan hanya itu mobile legends juga mengadakan banyak turnamen.
Salah satunya M World Champion turnamen, ini mempertemukan tim esport dari seluruh dunia dan juga ada turnamen yang mempertemukan tim asia tenggara yang dinamakan MSC dan MPLID merupakan turnamen (Mobile Legends Profesional League) yang sudah diselenggarakan dari tahun 2018 hingga sekarang turnamen ini sudah berjalan 9 season dan yang terakhir perolehan yang sangat membagakan bagi Indonesia karena telah mencapai peraihan mendali emas di sea game 2023.

Salah satu youtuber dari Indonesia yang mengharumkan nama Mobile Legends di Indonesia adalah akun BTR Vivian dan Onic Vior mereka adalah seorang YouTuber, Pro Player dan Selebritas Internet berkebangsaan Indonesia.
Diketahui BTR Vivian memiliki channel YouTube utama Vivian Weh dengan jumlah subscriber hingga saat ini berjumlah 314K subscriber.

BTR Vivian berhasil menjuarai beberapa tournament mobile legend di Indonesia mau pun di luar Indonesia salah satunya yang terakhir menjuarai SEA Games 2023 mobile legend bang bang wanita.
Namanya mulai di kenal semenjak ia menjadi roaster tim ladies Bigetron pada 2019 lalu.

Selain BTR Vivian, Onic Vior mulai dikenal saat dekat dengan salah satu Pro Player Mobile Legend ternama Evos Rekt untuk melakukan siaran langsung Bersama dan bermain Mobile Legend Bersama.

Setelah siaran tersebut Vior akhirnya semakin di kenal dan disebut salah satu streamer dengan viewers terbanyak di nimo. Onic Vior juga memiliki akun youtube utama yang Bernama Nitavior dengan jumlah subscriber hingga saat ini berjumlah 588K subscriber.

Bukan hanya pandai bermain mobile legend Onic Vior menjadi salah satu Brand Ambassador dan Talent Onic Esport.

Komunitas Mobile Legends di Indonesia berkembang cukup pesat dalam kurun waktu terakhir. Tercatat semenjak rilisnya game Mobile Legends pada Juli 2016 lalu, Indonesia merupakan salah satu negara yang berkontribusi besar atas kepopuleran game ini.

Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia menjelaskan bahwa jumlah pemain aktif Mobile Legends bulanan (Monthly Active User) di tingkat dunia mencapai lebih dari 90 juta.

Sementara jumlah pemain Mobile Legends di Asia Tenggara (pemain aktif bulanan) menyentuh angka 70 juta. Dan yang lebih menarik, dari angka tersebut, hampir 50 persen pemain Mobile Legends di Asia Tenggara merupakan pemain dari Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis Esport Charts, tim terpopuler Mobile Legends 2020 didominasi oleh tim Indonesia, di mana dari 10 tim teratas, tujuh tim merupakan tim esport Indonesia, meliputi: RRQ Hoshi, Alter Ego, Evos Legend, Onic Esport, Bigetron Alpha, Genflix Aerowolf, dan Geek Fam ID, kemudian tiga tim lainnya merupakan tim esport dari Filipina, meliputi: Execration, Onic PH, dan Bren Esport.

Game online berjenis MOBA sendiri memang lebih cepat berkembang di Asia, terutama Asia Tenggara, dibandingkan region Amerika ataupun Eropa.

Mobile Legends sendiri menduduki posisi mobile esport terpopuler di Indonesia dibandingkan dengan mobile esport popular lain, seperti PUBG Mobile, dan juga Free Fire.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Mobile Legends telah menjadi salah satu game mobile yang paling diminati di Indonesia, menciptakan komunitas yang aktif dan kompetitif.

Perkembangan game ini telah memberikan dampak positif pada industri esports dan memberikan peluang bagi para pemain dan konten kreator untuk meraih prestasi dan popularitas.(int3)

Pentingnya Basic Skincare untuk Teenager

Manfaat Dari Olahraga Pilates