in

Onotan EP: Autobiografi Hip-Hop Penuh Resah Amarah dari Poetrow

Emes April a.k.a Poetrow (dok: hip)

Kisah hidup dalam bentuk rima-rima dan nada-nada penuh amarah persembahan Poetrow.

Setelah debut dengan Tuan TigaBelas dengan single “Terbaik” pada Juli 2023 lalu. Emes April a.k.a Poetrow kini kembali hadir dengan EP debut bertajuk Onotan, rilis Februari 2024 ini. 

Onotan sendiri dalam bahasa Banda berarti hikayat atau cerita rakyat yang dituturkan dalam bentuk lagu. Tema besar EP ini bisa dibilang adalah hikayat cerita Poetrow sendiri. Sejak masa SMA, kuliah sampai sekarang, tentang perjalanan hidupnya yang ditulis dari perspektif amarah dan keresahan.

“Maksudnya perspektif amarah disini adalah, banyak keresahan, kejanggalan yang tidak sesuai ekspektasi aku. Sehingga banyak keputusan di masa aku remaja, di masa aku kuliah yang aku tidak bisa ambil dari keputusan pribadiku,” jelas Poetrow.

Hikayat ini termasuk juga interaksinya dengan dunia hip-hop. Mulai dari perkenalan musik tersebut dari kakaknya, sampai kini berkarir solo sebagai penyanyi hip-hop.

Penyanyi hip-hop asal Pulau Kei, Provinsi Maluku ini pertama bersentuhan dengan hip-hop ketika ia dikenalkan oleh kakaknya pada 2005-2006 dengan Linkin Park dan Jay-Z. 

Pada 2013, Poetrow berhijrah ke Malang untuk kuliah dan membangun portofolio sebagai 3D animation artist dan produser video musik hip-hop dengan nama Movos (@movos.corn_).

Poetrow memutuskan untuk mengawali karir hip-hop solonya sebagai Pedro pada 2020 dengan lagu “West Melanesia feat. Keilandboi”. Poetrow bermetamorfosa dari Pedro menjadi Poetrow ketika memasuki 2023 ketika berencana memproduksi EP Onotan

Poetrow banyak mengeksplorasi musik  hip-hop 2000an seperti G-Unit dan 50 Cent. Lyric yang disampaikan juga menonjolkan kearifan lokal yaitu perpaduan bahasa Maluku, Inggris dan Indonesia.

Ada 6 lagu yang hadir dalam EP Onotan yang siap menggoyang berbagai ruang dengar di seluruh Tanah Air. Enam lagu, antara lain “Change”, “Illusion” ft. Nara, Hello, “Gimme”, “Pesta” ft. Keilandboi, dan “Mode”.

Poetrow sendiri sebenarnya sudah memulai produksi EP Onotan sejak 2022 di proses drafting lagu. Ia baru mengkompilasi serakan draft tersebut untuk dibangun menjadi EP ketika dia hijrah kembali ke Yogyakarta pada Juni 2023. 

Baru pada Agustus 2023, Poetrow mulai rekaman EP.sudah didampingi oleh Luz (@fmfrom_b) sebagai produser musik sekaligus menangani mixing dan mastering.

Bagi para penggemar hip-hop lokal dengan sentuhan kearifan lokal Maluku, EP Onotan sudah hadir di berbagai platform streaming musik yang hadir di Indonesia sejak 5 Februari 2024 via label rekaman asal Jakarta, Krazy Brazy Records. Kamu bisa dengarkan di sini.

Costive

Kenalkan Costive, Unit Emo Malang dengan Debut Melodi yang Pilu

Ilustrasi ngelamun. (pexels-darina-belonogova)

Ngelamun Ternyata Ada Manfaatnya, Asal Jangan Lama-lama