in

5 Mahasiswa IKJ Hadirkan Warna Baru di Blantika Per-Indie-an

5 Personel Maria Tambun naik bajaj, penuh (dok: Hip)

Somat, Kanz, Jaxx, Lantip, Mikha, dan Mougen. 5 Mahasiswa kampus seni yang jenuh dengan musik-musik barat. Lalu memutuskan untuk coba mendobrak lewat psikadelik instrumentalia kental nuansa Hindustan dan Timur Tengah.

Bagi Maria Tambun, tahun 2024 semestinya diawali  dengan harapan-harapan tinggi. Harapan-harapan tersebut mereka gantungkan pada Brahman, single terbaru yang terinspirasi konsep Ketuhanan Hindu.

“Nama “Brahman” mempunyai arti yaitu penguasa tertinggi dalam konsep ketuhanan Hindu, yang berarti tumbuh, berkembang, berevolusi, bersifat tak berwujud, tak terbatas, tak berawal dan tak berakhir,” ungkap Mikha. 

Maria Tambun dibentuk oleh Somat (Drum), Kanz (Lead Guitar), Jaxx (Rhythm Guitar), Lantip (Keyboard/percussion), Mikha (bass) dan Mougen (Conga) pada Oktober 2022 di kampus Institut Kesenian Jakarta.

Arabian beat, Jamaican Rhythm & Indian Melody adalah fondasi utama musik Maria Tambun. Maria Tambun mencoba membuat sesuatu yang nir-barat, tanpa pengaruh musik barat. Memulai dengan memainkan musik reggae. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai berinovasi dengan variasi sentuhan yang berbeda.

“Kami mulai memainkan gitar elektrik yang terinspirasi suara sitar India yang dipengaruhi gaya band Khruangbin dan The Scorpios. Kami juga memiliki pondasi drum dan bass ala musik dub, seperti Pupajim, Roadblock Dub Collective & Khoe Wa. Tak lupa, untuk memperkuat nuansa Timur Tengah dan India, kami memasukkan beberapa elemen perkusi seperti darbuka dan tamborin,” jelas Mikha

Terhitung sejak 2022 mereka berdiri, baru pada 2023 Maria Tambun merilis single yaitu Nasri dan Alien. Ini menjadikan Brahman sebagai single ke-3 mereka, sekaligus pemanasan menuju EP yang rencananya akan hadir tahun 2024 ini.

Bagi Maria Tambun, Brahman yang direkam sejak Desember 2023 merupakan sandaran atas segala sesuatu dan fenomena yang akan terjadi pada tahun 2024. Sehingga mereka pun tetap memproduksi dan menanganinya sendiri seperti dua single sebelumnya.

Single Brahman direkam di studio rumahan milik Maria Tambun sendiri, Uptown Studio, Jakarta Timur. Komposisinya dikerjakan oleh Mikha Satria dan M Kanz Daffa. Dapur sound-nya pun ditangani oleh mereka sendiri, yaitu Mikha Satria dan Lantip Mukti. 

Single Brahman telah dirilis secara mandiri sejak tanggal 27 Januari 2024, di semua platform streaming digital.

Untuk bertegur sapa dengan Maria Tambun, kamu bisa akses kontak mereka:
Instagram: @mariatambun___
eMail:  mariatambun13@gmail.com
Phone: 087880867083

Ilustrasi menabung di bank (dok: presmedia.id)

Serba-Serbi Menabung di Bank, Apa Benar Menguntungkan?

Costive

Kenalkan Costive, Unit Emo Malang dengan Debut Melodi yang Pilu